Peluang Bisnis Kue Jajanan PasarAda yang menarik yang saya amati di lingkungan saya saat ini, yaitu berkembangnya bisnis kue jajanan pasar. Anda tahu khan apa yang dimaksud jajanan pasar? ya itu kue-kue tradisional yang biasanya hanya dijual di pasar-pasar atau sering kita jumpai kalau ada sedekahan, kenduri atau acara-acara keluarga. Nah, rupanya ada sebagian para wirausaha yang cerdas mencium lezatnya bisnis itu jika dibawa lebih dekat ke komunitas. jadilah banyak sekali bermunculan toko atau warung atau gerobak atau bahkan sekedar meja di depan teras toko yang menjual jajanan tradisional itu.  Gejala ini sungguh menarik karena model bisnis long taill seperti ini sangat sederhana, karena core competency-nya hanyalah menyediakan tempat dan menyajikan kue tradisional yang bersih, dekat dengan komunitas dan harga yang wajar. Customernya jelas yaitu warga disekitar lapak dan orang-orang yang melewati lapak. Untuk menentukan lokasi terbaik agar jajanan pasar Anda bisa laris manis silahkan baca tulisan saya mengenai memilih lokasi yang tepat untuk gerobak / lapak  Anda.

Biaya Investasi Bisnis Kue Jajanan Pasar

Dengan kesederhanaan model bisnis kue tradisional jajanan pasar ini maka rasa-rasanya nya bagi Anda para pemula tidak salah untuk mencoba memulai bisnis ini. Anda tak perlu bisa membuat kue tradisional itu sendiri, atau repot-repot belanja ke pasar untuk membeli barang dagangan Anda. Meskipun di awal usaha Anda bisa saja memulai dengan kulakan dulu ke pasar, namun demikian setelah usaha Anda jalan maka akan banyak para pembuat kue jajanan pasar  baik skala rumahan maupun skala besar yang dengan sukarela menitipkan jualannya kepada bisnis Anda, istilahnya adalah konsinyasi. Tentu saja ini membuat biaya investasi Anda menjadi tidak terlampau besar.

Bisnis Kue Tradisional - Buku Resep

Bisnis Kue Tradisional - Buku ResepBerikut kira-kira biaya investasi bisnis kue tradisional jajanan pasar :

1. Tempat, jika anda sewa teras seperti Alfamart, SB Mart atau Indomaret biayanya sekitar 350ribu/bulan. Biaya sewa tempat akan murah jika Anda bisa membuka di depan teras rumah orang atau bahkan rumah sendiri :)

2. Meja , mulailah dengan satu meja dengan lebar 1-1,5m , harganya sekitar 200 ribu

3. Box makanan, ini yang menjadi etalase Anda, semeja itu bisa muat 10-12 box, taruhlah Anda siapkan 20 box , 1 box plastik itu harganya 25 ribu, jadi total 500 ribu.

4. Kemasan, ini merupakan pilihan, Anda bisa memulainya dengan plastik bening atau kotak kardus polos untuk mengemas jualan Anda ke pelanggan, anggarkan 100-200 ribu untuk mulai usaha. Niatkan selanjutnya Anda membuat kotak dengan branding jualan Anda , namun itu nanti saja karena relatif agak mahal :)

5. Spanduk, Anda cukup datang ke tukang spanduk dan mintalah dia mendesainkan untuk Anda, buatlah ukuran secukupnya sekitar 2 meter , harganya hanya 50ribu.

6. Brosur atau kartu nama, siapkan brosur atau kartu nama bisnis Anda, ini juga murah kok, paling sekitar 25 ribu untuk sekotak kartu nama ( 100 lembar) dan brosur bisa Anda mulai dengan fotokopi. siapkan 50 ribu untuk itu.

7. Mulailah dengan menjual kue tradisional yang paling populer dan paling laris. Lakukan riset kecil-kecilan di penjual kue tradional yang sudah ada di sekitar Anda, tanyakan mana yang paling favorit atau jika Anda agak sungkan pura-puralah membeli dan meminta penjual untuk memilihkan jajanan yang paling laris dicari orang, belilah satu-satu saja. Siapkan Dana awal 500 ribu saja, itu berarti Anda sudah bisa membeli 250-350 buah makanan tradisional , banyak khan? karena harganya sekitar 1000-2500 rupiah.

Jadi berapa total investasi Awal bisnis kue jajanan pasar Anda?  Rp. 1.750.000, ini adalah minimal investasi Anda. Bisa juga Anda menghematnya dengan mengurangi jumlah item diatas misalkan boxnya cukup 10, kue macamnya jangan banyak-banyak. Ingat, meskipun menghemat namun 7 item tersebut di atas harus tetap ada.

Ok , mudah bukan? selamat mencoba dan menghasilkan uang!